UNBK 2019

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test(PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK di SMA Negeri 1 Temon pertama kali akan dilaksanakan pada tahun 2016 secara online dan terbatas. Hasil penyelenggaraan UNBK diharapkan mendapatkan hasil yang menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari serverlokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

SMA Negeri 1 Temon telah menyiapkan 2 Server utama dan 2 server Cadangan dan 65 client dengan menempati dua ruangan Laboratorium Komputer. Dengan jumlah anak yang akan mengikuti sebanyak 124 siswa yang terdiri dari program IPA 59 Anak dan program IPS 65 anak dan akan dilaksanakan dalam 2 sesi. Pelaksanaan ujian CBT (Computer Base Test) tahun ini  dilaksanakan pada tanggal  1,3,4 dan 8 April 2019.

20151216_102712

Adapun SMA Negeri 1 Temon telah juga melaksanakan simulasi bersama siswa kelas XII sebanyak dua kali  dan Gladi Bersih satu kali. Dalam pelaksanaan simulasi CBT ini tidak anak  yang mengalami kesulitan, dikarenakan semua sudah mengikuti simulasi dan gladi bersih.

Kendala teknis UNBK tahun 2019 yang dihadapi adalah seringnya terjadi pemadaman listrik dari PT PLN, namun dapat teratasi dengan mempersiapkan Genset.

Panduan UNBK untuk Siswa

Link UNBK :

http://unbk.kemdikbud.go.id/