Sejarah Singkat

INSTRUMEN PROFIL SMA 1 TEMON

  1. Sejarah Singkat Sekolah
    1. SMA 1 Temon berdiri sejak tahun 1991 terletak lebih kurang 10 km arah ke barat dari kota Wates ibu kota kabupaten Kulon Progo. Merupakan salah satu SMA yang terletak di bibir pantai Samudera Indonesa 3 km arah utara. Dari letak geografis ini memungkinkan sebagian besar siswa berdomisili di sepanjang pantai yang membujur dari wilayah Panjatan Kulon Progo sampai ujung timur kabupaten Purworejo.
    2. SMA 1 Temon merupakan salah satu lembaga pendidikan formal sesuai dengan karakteristiknya bukan merupakan lembaga pendidikan terminal, artinya lembaga ini mempunyai tugas menyiapkan peserta didiknya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Sungguh sangat ironis ternyata dari tahun ketahun lulusan SMA 1 Temon sedikit yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Dari informasi yang masuk, kebanyakan lulusan SMA 1 Temon langsung masuk ke dunia kerja sebagai tenaga kasar, bahkan ada yang menjadi penganggur sampai beberapa tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kecakapan hidup (life Skill) siswa SMA 1 Temon masih rendah. Untuk itu sangat perlu ditumbuh kembangkan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education).
  2. Tujuan Sekolah
    Penyelenggaraan Pendidikan di SMA 1 Temon mempunyai tujuan untuk membekali siswa dengan dasar-dasar norma, pengetahuan dan kecakapan untuk dikembangkan dalam pendidikan tinggi dan masyarakat.